Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran lulusan sebagaimana dimaksud dalam Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 Pasal 6 ayat (3) untuk setiap program studi mencakup kompetensi yang meliputi:
1 |
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kecakapan/keterampilan spesifik dan aplikasinya untuk 1 (satu) atau sekumpulan bidang keilmuan tertentu; |
2 |
kecakapan umum yang dibutuhkan sebagai dasar untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang kerja yang relevan; |
3 | pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk dunia kerja dan/atau melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi ataupun untuk mendapatkan sertifikat profesi; dan |
4 |
kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat. |
1 | Lulusan mampu menguasai konsep teoretis mendalam dan menerapkan ilmu pengetahuan serta keterampilan dalam bidangnya untuk menyelesaikan masalah yang kompleks secara prosedural dan kontekstual, dengan menunjukkan sikap profesionalisme akademik. |
2 | Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan untuk berbagai konteks dan tujuan, termasuk komunikasi akademik dan profesional |
3 | Menginternalisasi nilai-nilai budi pekerti, kecendekiaan, jiwa wirausaha dan semangat kebangsaan dalam kehidupan pribadi, sosial, dan profesi secara global |
4 | Menginternalisasi nilai-nilai budi pekerti, jiwa kewirausahaan dan semangat kebangsaan serta menguasai konsep teoretis pengetahuan dan keterampilan pendidikan |
5 | Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dalam Bahasa Inggris untuk berbagai konteks dan tujuan (akademik, profesional, antarbudaya), serta menguasai keterampilan berbahasa Inggris tingkat menengah (setara Level B2 CEFR) dan profesional |
6 | Lulusan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru, berinovasi, serta menghasilkan karya orisinal dan bermanfaat untuk kemajuan di bidangnya, melalui kemampuan penalaran yang tinggi, berpikir kritis, analitis, dan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisis, serta memecahkan masalah secara efektif |
7 | Lulusan memiliki pengetahuan mendalam terkait landasan teoretis kebahasaan, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, dan pemerolehan bahasa kedua, serta mampu menerapkannya dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris dan analisis wacana |
8 | Lulusan memiliki pengetahuan mendalam terkait landasan teoretis sastra, serta mampu menerapkannya dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris dan analisis wacana |
9 | Lulusan memiliki keterampilan kerja yang relevan dan sesuai dengan standar profesi di bidangnya, termasuk kemampuan adaptasi terhadap perubahan dan pemecahan masalah |
10 | Lulusan mampu bekerja sama secara efektif dalam tim, berkolaborasi dengan beragam individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama, dan menunjukkan kepemimpinan adaptif. |
NO | PROFIL | CPL |
1 | PL 1, PL 2 & PL 3 | Lulusan mampu menguasai konsep teoretis mendalam dan menerapkan ilmu pengetahuan serta keterampilan dalam bidangnya untuk menyelesaikan masalah yang kompleks secara prosedural dan kontekstual, dengan menunjukkan sikap profesionalisme akademik |
2 | PL 1 & PL 2 | Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dalam Bahasa Inggris untuk berbagai konteks dan tujuan, termasuk komunikasi akademik dan profesional |
3 | PL 1, PL 2, & PL 3 | Menginternalisasi nilai-nilai budi pekerti, kecendekiaan, jiwa wirausaha dan semangat kebangsaan dalam kehidupan pribadi, sosial, dan profesi secara global |
4 | PL 1, PL 2, & PL 3 | Menginternalisasi nilai-nilai budi pekerti, jiwa kewirausahaan dan semangat kebangsaan serta menguasai konsep teoretis pengetahuan dan keterampilan pendidikan |
5 | PL 1 & PL 2 | Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dalam Bahasa Inggris untuk berbagai konteks dan tujuan (akademik, profesional, antarbudaya), serta menguasai keterampilan berbahasa Inggris tingkat menengah (setara Level B2 CEFR) dan profesional. |
6 | PL 1, PL 2, & PL 3 | Lulusan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru, berinovasi, serta menghasilkan karya orisinal dan bermanfaat untuk kemajuan di bidangnya, melalui kemampuan penalaran yang tinggi, berpikir kritis, analitis, dan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisis, serta memecahkan masalah secara efektif. |
7 | PL 1 & PL 2 | Lulusan memiliki pengetahuan mendalam terkait landasan teoretis kebahasaan, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, dan pemerolehan bahasa kedua, serta mampu menerapkannya dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris dan analisis wacana. |
8 | PL 1 & PL 2 | Lulusan memiliki pengetahuan mendalam terkait landasan teoretis sastra, serta mampu menerapkannya dalam pengembangan pendidikan bahasa Inggris dan analisis wacana. |
9 | PL 1, PL 2, & PL 3 | Lulusan memiliki keterampilan kerja yang relevan dan sesuai dengan standar profesi di bidangnya, termasuk kemampuan adaptasi terhadap perubahan dan pemecahan masalah. |
10 | PL 1, PL 2, & PL 3 | Lulusan mampu bekerja sama secara efektif dalam tim, berkolaborasi dengan beragam individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama, dan menunjukkan kepemimpinan adaptif. |