Capaian Pembelajaran
1. Sikap
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas profesi berdasarkan agama, moralitas, dan etika;
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d. Memiliki jiwa nasionalisme dan menunjukkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air, dan rasa tanggung jawab pada bangsa dan negara, serta mendukung perdamaian dunia;
e. Menghargai keanekaragaman agama, budaya, dan pendapat atau temuan orang lain;
f. Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap fenomena sosial yang ada dalam masyarakat dan lingkungan;
g. Menjunjung tinggi hukum dan keadilan serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan negara, bangsa dan masyarakat;
h. Menginternalisasi nilai dan norma akademik dan menerapkannya dalam menjalankan tugas profesi;
i. Membangun semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan serta menerapkannya dalam menjalankan tugas profesi;
j. Memperlihatkan ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati untuk menumbuhkembangkan potensi dan kompetensi peserta didik.
2. Pengetahuan
a. Content
1) Menguasai teori dan konsep kebahasaan berbasis cognitivis, behavioris, interaksionis dan sosiokultural;
2) Menguasai teori dan konsep berkomunikasi lisan, tulis, visual, dan bahasa tubuh dalam konteks non-akadmik dan akademik;
3) Menguasai teori dan konsep budaya dalam perspektif lokal, nasional, dan internasional;
4) Menguasai teori dan konsep kurikulum pendidikan bahasa;
5) Menguasai teori dan konsep analisis dan desain materi dan metodologi bahasa;
6) Menguasai teori dan konsep evaluasi pendidikan bahasa;
7) Menguasai teori dan konsep manajemen pendidikan;
8) Menguasai teori dan konsep penelitian pendidikan bahasa.
b. Bahasa
1) Menguasai teknik analisis fenomena kebahasaan dalam perspektif cognitivis, behavioris, interaksionis dan sosiokultural;
2) Menguasai teknik analisis bahasa dalam komunikasi lisan, tulis, visual, dan bahasa tubuh dalam konteks non-akademik dan akademik;
3) Menguasai teknik analisis wacana budaya lokal, nasional, dan internasional;
4) Menguasai teknik analisis penggunaan bahasa dalam konteks pendidikan;
5) Menguasai teknik analisis bahasa dalam materi ajar.
6) Menguasai teknik analisis bahasa dalam instrumen asesmen bahasa;
7) Menguasai teknik analisis bahasa dalam penelitian bahasa.
c. Pedagogi
1) Menguasai teori dan konsep pengajaran dan pembelajaran bahasa berbasis kognitivis, behavioris, interaksionis, dan sosiokultural;
2) Menguasai teori dan konsep pengajaran dan pembelajaran berkomunikasi lisan, tulis, visual, dan bahasa tubuh dalam konteks non-akadmik dan akademik;
3) Menguasai teori dan konsep pengajaran dan pembelajaran bahasa berbasis budaya;
4) Menguasai teori dan konsep pendidikan;
3. Keterampilan Umum
a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kreatif, inovatif, dan kritis dalam konteks non-akademik dan akademik;
b. Mampu mengkaji dan menghasilkan gagasan, teori, dan konsep dalam bentuk karya tulis ilmiah (tugas akhir atau skripsi), serta mendiseminasikannya dalam berbagai forum ilmiah dan publikasi;
c. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis data dan informasi yang relevan;
d. Mampu menjalin, memelihara, dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan pihak lain terkait, baik di dalam maupun di luar lembaganya;
e. Mampu mengelola upaya pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan pantauan, evaluasi, dan supervisi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada anggota kelompok yang berada di bawah tanggungjawabnya;
f. Mampu melakukan evaluasi diri dan memberikan arahan terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
g. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kemudahan akses dan mencegah plagiasi;
h. Mampu menunjukkan kinerja yang mandiri, bermutu, dan terukur dalam pelaksanaan tugas profesi.
4. Keterampilan Khusus
a. Terampil menyimak teks bahasa Inggris dalam konteks non-akademik dan akademik;
b. Terampil berbicara bahasa Inggris dalam konteks non-akademik dan akademik;
c. Terampil membaca teks bahasa Inggris dalam konteks non-akademik dan akademik;
d. Terampil menulis teks bahasa Inggris dalam konteks non-akademik dan akademik;
e. Terampil menggunakan tata bahasa Inggris dalam kegiatan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam konteks non-akademik dan akademik;
f. Terampil melafalkan teks bahasa Inggris sesuai dengan keberterimaan bahasa dan budaya;
g. Terampil menerjemahkan teks lisan, tulis, visual, dan bahasa tubuh dalam konteks non-akademik dan akademik;
h. Terampil menganalisis dan merancang kurikulum pendidikan bahasa Inggris;
i. Terampil menganalisis dan merancang materi ajar bahasa Inggris;
j. Terampil mengajarkan bahasa Inggris sesuai dengan teori dan konsep kebahasaan dan pendidikan kebahasaan;
k. Terampil mengelola kelas;
l. Terampil menganalisis dan merancang instrumen asesmen bahasa Inggris;
m. Terampil dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian, serta melaporkan hasilnya dalam konteks pendidikan bahasa Inggris;
n. Terampil mengevaluasi dan menggunakan teknologi dalam pendidikan bahasa Inggris.