Meningkatkan Minat Siswa untuk Berbicara Bahasa Inggris 

Oleh:

Murtiningsih

SDN KEBONSARI 01

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN KATEGORI 1 GELOMBANG 3

UNIVERSITAS PGRI MADIUN

2023

 

PENDAHULUAN

Manusia tidak dapat di pisahkan dari pendidikan. Pendidikan adalah suatu hal yang mendasar dalam kehidupan sehari – hari. Manusia selain sebagai makluk individu juga sebagai makluk social dimana manusia tidakbisa hidup tanpa bantuan orang lain.

 

PEMBAHASAN

  1. SITUASI

Kondisi yang menjadi latar  belakang masalah: menggunakan best practice ( praktek baik ) ini penting dibagikan , apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab

  1. kondisi yang menjadi latar belakang masalah

 

             PPL1

  1. Peserta didik kesulitan dalam memecahkan masalah kontekstual dan kesulitan dalam memahami materi

  2. Peserta didik belum juga bisa melakukan ketrampilan membaca sambil memahami informasi yang diterima.

  3. Peserta didik belum memiliki minat membaca

 

             PPL 2

  1. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang jarang di gunakan dalam kehidupan peserta didik.

  2. Kemampuan guru menjadi salah satu penyebab masalah bisa terjadi.

  3. Guru belum menggunakan pendekatan / stategi /model dan media yang tepat

  4. Peserta didik tidak mengert I apa yang dibicarakan dalam bahasa inggris.

 
  1. Mengapa praktik ini penting untuk  dibagikan  ?

  1. Selain bisa memotivasi diri guru sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain

  2. Metode pembelajaran yang lebih bervariasi

  3. Media, alat dan bahan pembelajaran yang kurang menarik.

 
  1. Apayang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

  1. Melakukan identifikasi masalah pembelajaran yang terjadi disekolah.

  2. Mencari alternative solusi dari berbagai sumber, baik literatuur ,wawancara dengan kepala          sekolah , pengawas ,rekan sejawat ataupun pakar

 
  1. TANTANGAN

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat.

  1. Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut ?

  1. Peserta didik belum terbiasa memecahkan masalah kontekstual

  2. Fasilitas kurang memadai

  3. Motivasii literasi peserta didik  dan guru kurang

  1. Siapa saja yang terlibat ?

  1. Guru berperan  sebagai pengajar di kelas

  2. Rekan guru berperan sebagai partner di sekolah yang juga membantu pada saat pelaksanaan rencan aksi.

  3. Kepala sekolah berperan sebagai penanggung jawab dan pengarah serta penasehat saat pelaksanaan aksi dari awal sampai akhir.

  4.  Peserta didik berperan sebagai     objek/ sampel yang digunakan dalam kegiatan ini 

.

  1. AKSI

Langkah  langkah  apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut , strategi apa yang di gunakan , bagaimana prosesnya ,apa saja sumber daya /  materi yang diperlukan untuk Langkah –langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?

  1. Langkah – langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan ?

  1. Guru mengidentifikasi masalah, mengulas kajian literature dari beberapa jurnal dan melakukan wawancara ke rekan sejawat, kepala sekolah .

  2. Guru merumuskan solusi yang tepat untuk menghadpi tantangan tersebut

  3. Guru melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan wakasek kurikulum mengenai kegiatan yang akan dilakukan.

 
  1. Stategi apa yang digunakan ?

  1. PPL 1 :  Project Based Leanring ( PBL )

  2. PPL 2 :  Project Based Learning ( PBL)

 
  1. Siapa saja yang terlibat ?

  1. Guru : mengajar dikelas

  2. Rekan guru : operator goegle meet 

  3. Kameraman : merekam kegiatan pembelajaran saat PPL.

  4. Peserta didik objek / sampel yang digunakan dalam kegiatan ini.  

 
  1. REFLEKSI DAN HASIL

Bagaimana dampak dari aksi   terhadap langkah -  langkah yang di lakukan apakah hasilnya efektif / tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan / ketidak berhasilan Langkah –langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?

  1. Bagaimana dampak aksi dari langkah – langkah yang di lakukan ?

Peserta didik dapat mengikuti prosespembelajaran dengan baik meski PPL 1 hampirsemua Peserta didik tidak mengerti apa  yang guru bicarakan menggunakan Bahasa Inggris. Namun sering berjalannya waktu , peserta didik dapat memahami setiapkegiatan yang guru maksudkan meskipun guru menggunakan BahasaInggris.

  1. Apakah hasilnya efektif ? atau tidak efektif ?

Hasilnya efektif

  1. Bagaimana respons orang terkait dengan strategi yang dilakukan ?

Dari pihak yangterlibat menggunakan bahwa strategi yang dilakukan secara terus menerus mengingat proses pembelajaran yang telah dilalui pesertadidik sangat memberi dampak positif untuk mereka.Rekan guru atau sejawat yang membantu proses perekaman menmbahkan jika pserta  tidak memang  sudah mengalami peningkatan dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik meskipun guru menggunakan Bahasa Inggris yang relative sering jika dibandingkan denganPPL 1 .

 
  1. Apa yang menjadi factor keberhasilan stsu ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan ?

Indikator keberhasilan dari setiap strategi yang dilakukan adalah dengan tercapainya setiap tujuan yang ingin dicapai pada awal perancangan kegiatan. Tujuan tersebut kemudian dituangkan dalam setiap proses kegiatan pembelajaran sehingga keseluruhannya dapat dinilai berhasil atau tidak. Pada akhirnya Pembelajaran juga dilakukan refleksi sehingga guru danpeserta didikd apat bersama – sama menilai apakah kegiatan pembelajarn pada pertemuan tersebut berhasil atau tidak dari awal PPL 1 sampai akhir PPL2.

 
  1. KESIMPULAN

Dari seluruh proses pembelajaran yang ideal belum sepenuhnya bisa diterapkan disekolah karena banyaknya kekurangan  yang harus  diantisipasi oleh sekolah dan guru itu sendiri seperti kelengkapan alat dan bahan pendukung kegiatan  pembelajaran .

 

   DAFTAR PUSTAKA

Andeka, Wiwik dkk 2021 . Analisis yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SDN 04 Sitiung. Universitas Abdurahman Situbondo. 

Intaniasari,Yusinta dan Utami , Ratna Diah 2022 Menumbuhkan antusias siswa sekolah dasar melalui audio visual dalam pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kementerian Pendidikan,Kebudayaan Riset dan Tehnologi Republik Indonesia 2021 My Next Word Grade 4 Student Book For Elementary School ).Penulis : EYLC team