Meningkatkan Minat Siswa untuk Berbicara Bahasa Inggris
Oleh:
Murtiningsih
SDN KEBONSARI 01
PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN KATEGORI 1 GELOMBANG 3
UNIVERSITAS PGRI MADIUN
2023
PENDAHULUAN
Manusia tidak dapat di pisahkan dari pendidikan. Pendidikan adalah suatu hal yang mendasar dalam kehidupan sehari – hari. Manusia selain sebagai makluk individu juga sebagai makluk social dimana manusia tidakbisa hidup tanpa bantuan orang lain.
PEMBAHASAN
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: menggunakan best practice ( praktek baik ) ini penting dibagikan , apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahasiswa PPG Daljab
PPL1
PPL 2
|
|
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat.
|
. |
Langkah langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut , strategi apa yang di gunakan , bagaimana prosesnya ,apa saja sumber daya / materi yang diperlukan untuk Langkah –langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?
|
|
Bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah - langkah yang di lakukan apakah hasilnya efektif / tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan / ketidak berhasilan Langkah –langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut ?
Peserta didik dapat mengikuti prosespembelajaran dengan baik meski PPL 1 hampirsemua Peserta didik tidak mengerti apa yang guru bicarakan menggunakan Bahasa Inggris. Namun sering berjalannya waktu , peserta didik dapat memahami setiapkegiatan yang guru maksudkan meskipun guru menggunakan BahasaInggris.
Hasilnya efektif
Dari pihak yangterlibat menggunakan bahwa strategi yang dilakukan secara terus menerus mengingat proses pembelajaran yang telah dilalui pesertadidik sangat memberi dampak positif untuk mereka.Rekan guru atau sejawat yang membantu proses perekaman menmbahkan jika pserta tidak memang sudah mengalami peningkatan dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik meskipun guru menggunakan Bahasa Inggris yang relative sering jika dibandingkan denganPPL 1 .
Indikator keberhasilan dari setiap strategi yang dilakukan adalah dengan tercapainya setiap tujuan yang ingin dicapai pada awal perancangan kegiatan. Tujuan tersebut kemudian dituangkan dalam setiap proses kegiatan pembelajaran sehingga keseluruhannya dapat dinilai berhasil atau tidak. Pada akhirnya Pembelajaran juga dilakukan refleksi sehingga guru danpeserta didikd apat bersama – sama menilai apakah kegiatan pembelajarn pada pertemuan tersebut berhasil atau tidak dari awal PPL 1 sampai akhir PPL2.
Dari seluruh proses pembelajaran yang ideal belum sepenuhnya bisa diterapkan disekolah karena banyaknya kekurangan yang harus diantisipasi oleh sekolah dan guru itu sendiri seperti kelengkapan alat dan bahan pendukung kegiatan pembelajaran . |
|
DAFTAR PUSTAKA Andeka, Wiwik dkk 2021 . Analisis yang mempengaruhi motivasi belajar siswa SDN 04 Sitiung. Universitas Abdurahman Situbondo. Intaniasari,Yusinta dan Utami , Ratna Diah 2022 Menumbuhkan antusias siswa sekolah dasar melalui audio visual dalam pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kementerian Pendidikan,Kebudayaan Riset dan Tehnologi Republik Indonesia 2021 My Next Word Grade 4 Student Book For Elementary School ).Penulis : EYLC team |
|